Menu

Rabu, 16 Januari 2013

Siap Siaga

     Manusia hidup dengan berbagai cerita yang kita sebut pengalaman. Pengalaman-pengalaman ini merupakan sebuah rangkaian cerita dari kehidupan tiap individu yang akan menghasilkan pemahaman-pemahaman baru. Dan setiap pemahaman akan diuji dengan cerita kehidupan masing-masing pada waktu yang akan datang. Ujian itu bisa berupa kebahagiaan, kesedihan, pertemuan, perpisahan, ataupun kehilangan.

        Pemahaman mengenai segala kejadian atau tragedi yang kita alami menjadi hal yang perlu dipelajari agar hidup kita terasa nikmat, enak, tidak banyak mengeluh, dan tetap semangat. Ada sebuah lagu dari Letto yang berjudul Memiliki Kehilangan. Lagu tersebut mengingatkan saya pada sebuah tabiat, bahwa kita merasa kehilangan, karena kita pernah merasa memilikinya. Di lagu itu tersirat makna bahwa tabiat memiliki adalah kehilangan.  Ini sebuah pemahaman yang sangat mengagumkan. Karena ketika kita memahami bahwa kepemilikan kita itu bukanlah kepemilikan seutuhnya, maka saat terjadi kehilangan itu bisa saja kita anggap hal yang lumrah.  Sehingga kita tidak terlalu sedih, dan bisa tetap optimis.
     
         Jika kita telusuri lebih jauh lagi, dalam Islam telah jelas-jelas diajarkan bahwa,"Sesungguhnya milik Alloh lah segala sesuatu, dan sesungguhnya kepadaNya lah semua kembali." Ini jelas bahwa kita hanya dipinjami saja, karena semua milikNya. Jadi kita harus senantiasa bersiap untuk diambil pinjamannya, dan kita juga harus memahami bahwa akhirnya peminjaman tadi hanya sementara, maka dari itu kita harus senantiasa Siap Siaga.



Semoga bermanfaat....
-Insan-

Tidak ada komentar: